Rahasia Tendangan Pisang Roberto Carlos

Rahasia Tendangan Pisang Roberto Carlos


Tendangan pisang menjadi legenda di dunia sepakbola. Sebab, siapa sangka, bola yang melambung di udara bisa tiba-tiba berbelok arahnya. Disini, kita akan ungkap rahasianya!


Legenda Roberto Carlos

      Pecinta sepak bola tahu bahwa jagonya tendangan pisang (banana kick atau trivela) yang populer adalah David Beckham. Namun, sebenarnya, legenda yang jago tendangan pisang yang sebenarnya adalah Roberto Carlos.
      Tendangan pisang Roberto Carlos yang paling terkenal terjadi pada tahun 1998, ketika ia membela tim Brazil. Waktu itu, ia mendapat kesempatan melakukan tendangan bebas ke gawang Prancis.
      Carlos menendang manggunakan kaki kiri. Pada mulanya, tendangan Carlos tampak melenceng jauh ke kanan. Bola bergerak terlalu ke kanan, melewati jajaran pemain Prancis yang berdiri membentengi gawang. Namun, begitu melewati deretan pemain, bola mendadak membelok ke kiri. Bola membelok cepat dan langsung bersarang ke gawang. Fabien Barthez, sang penjaga gawang Prancis hanya bisa bengong. Ia benar-benar tidak menduga bola melenceng Carlos bisa membelok dan menjebol gawangnya.

Inilah Rahasianya!


Gol legendaris Carlos menjadi buah bibir. Banyak orang mengulas rahasianya. Bahkan, sebagian ahli ilmu fisika pun menelitinya.

Secara sederhana, rahasia tendangan Roberto Carlos dapat dijelaskan seperti ini.

  • Bola bergerak membelok di udara karena, selama melambung, ia berputar sangat cepat pada porosnya. Mirip gerakan rotasi Bumi.
  • Semakin cepat putaran bola di udara, gerak bola bisa semakin melengkung.
  • Bola akan berputar atau tidak, tergantung tepat tidaknya bagian bola yang ditendang. Bola akan melambung dan berputar jika yang ditendang adalah bagian tengah agak ke bawah. Sedangkan arah tendangannya adalah ke samping. Semakin keras tendangan, putaran bola akan semakin cepat.
  • Agar bola berputar, gunakan punggung kaki atau bagian dalam kaki untuk menendang bola. Ingat, gerakannya ke samping. Intinya bola tidak didorong dengan kaki, tetapi digesek bagian tepinya dengan kuat. Untuk berlatih, gunakan bola plastik yang ringan dan tak terlalu keras.
Kenapa bisa membelok di udara ?
Selama melambung di udara, bola terus berputar pada porosnya (seperti berputarnya Bumi). Semakin kuat tendangan, putaran bola semakin cepat. Semakin cepat putaran bola, akan semakin melengkung arah gerakannya.

Hitungan Fisika
      Tendangan Roberto Carlos yang luar biasa itu membuat penasaran sebagian ahli fisika. Mereka meneliti dan membuat teorinya. Para ahli itu yakin bahwa tendangan melengkung Roberto Carlos bukan kebetulan. Carlos mungkin tidak menghitungnya menggunakan rumus fisika. Namun, bisa jadi, Carlos menguasai rumus tendangan pisang karena ia merancangnya sungguh-sungguh saat berlatih. Ia coba berbagai cara menendang bola dan ia perhatikan efek gerakan bola yang terjadi. Lama-kelamaan, ia menemukan rumus tendangan pisangnya itu.

Berlatih bola ternyata bukan asal berlatih menendang, ya. Akan tetapi menendang dengan penuh perhitungan.